Senin, 04 Mei 2020

Harga emas bergerak naik pada hari Senin (4/5) ke leve $1701.94/onz karena sentimen aset berisiko yang melemah dibalik meningkatnya ketegangan antara AS dengan Tiongkok karena virus korona, namun penguatan dolar membatasi kenaikan harga emas.

Dolar AS menguat, harga minyak turun dan pasar saham bersiap untuk melemah karena meningkatnya ketegangan antara AS dengan Tiongkok dibalik penyebaran virus korona, serta meningkatnya kegugupan di antara harga aset dan realita ekonomi yang suram, yang membuat para investor terlihat waspada.

Menteri luar negeri AS Mike Pompeo ada hari Minggu mengatakan bahwa ada "sejumlah besar bukti" bahwa virus korona muncul dari laboratorium Tiongkok, namun tidak membantah kesimpulan badan intelijen AS, bahwa itu bukan buatan manusia.

Sementara itu Presiden AS Donald Trump pada hari Jumat mengatakan bahwa menaikan tarif impor kepada Tiongkok "tentu saja sebuah pilihan" karena dia mempertimbangkan cara untuk membalas penyebaran virus korona yang keluar dari Wuhan, Tiongkok.

Dan untuk Federal Reserve AS, setelah mereka mengeluarkan triliunan dolar untuk mendukung ekonomi AS selama pandemi virus korona, pejabatnya memperingatkan bahwa kemungkinan bekas luka yang berkelanjutan bagi sektor tenaga kerja dan produktivitas dapat terus memburuk jika pemulihan tidak ditangani dengan baik.

(fsyl)

Lihat Disclaimer

0 komentar:

Posting Komentar