Rabu, 06 Mei 2020

Pergerakan EURUSD masih dalam tekanan pada awal perdagangan hari Rabu, seiring pasar yang masih mencerna keputusan dari pengadilan Jerman yang menentang partisipasi Jerman dalam program stimulus Eropa dan kekhawatiran akan pemulihan global yang bergelombang yang memicu kekhawatiran di kalangan investor.

Pengadilan tertinggi Jerman pada hari Selasa memberi waktu Bank Sentral Eropa selama tiga bulan untuk berikan pembenaran program pembelian obligasi di bawah mereka, atau mereka akan kehilangan Bundesbank sebagai peserta dalam skema tersebut yang bertujuan untuk meredam kejatuhan ekonomi yang disebabkan oleh virus korona.

Keputusan pengadilan Jerman tersebut kemungkinan tidak benar-benar menggagalkan program stimulus Eropa karena Bank Sentral Eropa mungkin dapat memberikan pembenaran yang diperlukan untuk pembelian obligasi.

Namun ketidakpastian yang dihasilkan hanyalah tekanan terbaru pada keraguan tanggapan dalam menghadapai virus korona di Eropa.

Jumlah korban pandemi yang lebih besar yang terjadi di Italia dan Spanyol, dibandingkan dengan Jerman, telah meningkatkan ketegangan antara negara-negara yang makmur di Utara dan yang miskin di Selatan Eropa, yang membuat para politisi terpecah dan ECB melakukan tugas yang berat.
(fsyl)

Lihat Disclaimer

0 komentar:

Posting Komentar